RSS

Berbagi Bikin Happy

21 Apr

Hari Minggu, yang kapan tepatnya saya lupa, kakak saya menghadiri sebuah kegiatan yang saat itu perdana di Salatiga. Jauh-jauh hari kakak sudah sms yang isinya ngajakin ikut kegiatan itu. Berhubung saya tidak bisa pulang minggu tersebut, ya saya tidak ikut.

Sewaktu saya pulang Salatiga,kakak banyak cerita mengenai kaegiatan tersebut. Jadi kegiatan itu namanya Akber Salatiga. Mungkin sudah banyak yang tau apa itu Akber – Akademi Berbagi. Akber ini adalah kegiatan belajar seperti sebuah kelas pada umumnya dimana ada guru dan muridnya.

Yang membedakan kelas ini dengan kelas-kelas di sekolah adalah kelas ini lebih menyenangkan, terbuka untuk siapa saja yang mau belajar, tidak ada tingkatan-tingkatan, tidak ada ujian, tidak ada kelulusan dan gratis. Walaupun yang terakhir disebutkan juga sudah diterapkan di sekolah jenjang SD dan SMP. Nah, ini opini dari kakak saya.

Sebenarnya Akademi Berbagi sudah didirikan sejak tahun 2010. Jakarta adalah kota pertama dimana kegiatan ini dilaksanakan. Sekarang? Akber sudah tersebar di 36 kota di Indonesia. Di Salatiga sendiri juga sudah didirikan jwalau baru-baru ini.

Lalu siapa sih pendiri akber ini? Saya, sebagai orang Salatiga merasa bangga karena founder akber ini berasal dari kota saya. Namanya Ainun Niswati Chomsun. Ini dia twitternya @pasarsapi. Saya tidak tau mengapa usernamenya pasar sapi. Setau saya, ada tempat di Salatiga yang bernama Pasar Sapi, dan itu merupakan tempat jual beli sapi sekaligus terminal kecil untuk bus khusus jurusan Salatiga-Magelang. Nah ini dia sosok Ainun Chomsun di acara Bincang Edukasi 

Di akber, kita diajarkan banyak hal baru karena kelas yang diadakan tiap minggunya mengusung tema yang berbeda-beda. Ilmu dan pengalaman yang diajarkan bisa berhubungan dengan pekerjaan, hobi atau sekedar menambah pengetahuan muridnya saja. Misalnya saja Fotografi, Cara Membaca Puisi, Finance Class, dan banyak lagi. Guru dan sukarelawannya pun merupakan orang yang berkompeten di bidangnya.

Saya pernah sekali waktu mengikuti kelas Akber Salatiga, entah itu kelas yang keberapa, karena kebetulan sedang pulang ke Salatiga. Saat itu materinya adalah investasi. Yang menjadi guru pun orang yang ahli di bidang finansial. Saya benar-benar merasakan kelas tersebut asyik dan bikin happy, seperti slogan Akber “Berbagi Bikin Happy”. Pengetahuan saya mengenai investasi menjadi terbuka, Yang kemudian setelah mengikuti kelas tersebut saya menjadi berpikir akan investasi apa saya dan kapan akan mulai investasi. Dari pengalaman tersebut, saya jadi tau kalau sekolahnya memang benar-benar gratis. Justru guru dan relawannya lah yang mengeluarkan modal untuk membeli kertas dan door prize. Benar-benar berbagi.

Bayangkan saja kalau di setiap kota ada akademi berbagi yang menjadi tempat untuk belajar, mencari pengalaman, berdiskusi dan berbagi, maka makin banyak orang yang memperoleh kemudahan untuk belajar dan berdiskusi, yang kemudian di harapkan orang-orang tersebut mampu untuk memecahkan berbagai persoalan yang ada dikotanya. Inilah yang diharapkan dari akber, agar terjadi perubahan signifikan yang lebih baik di negeri ini.

Perubahan tidak akan terjadi jika kita tidak mau belajar – Ainun Chomsun (founder of Akademi Berbagi)

 
Leave a comment

Posted by on April 21, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
