RSS

Berhenti mengecam kegelapan. Nyalakan lilin.

23 Apr

Banyak sekali masalah pendidikan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Mulai dari buruknya sarana dan prasarana yang kurang memadai; kurangnya tenaga pendidik di daerah terpencil; banyaknya anak yang putus sekolah; hingga dibentuknya Rintisan Sekolah Berstandar Internasional yang terus memunculkan pro-kontra hingga akhirnya RSBI dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi pada tanggal 8 Januari 2013 lalu, yang juga mengakibatkan munculnya pro-kontra lagi. Kemudian yang terbaru mengenai Ujian Nasional tingkat SMA sederajat yang dianggap kacau karena keterlambatan percetakan, distribusi naskah per wilayah yang tertunda dan salah alamat serta kesalahan teknis pembagian soal per sekolah.

Dari sekian banyak masalah yang ada, pemerintahlah yang sering disalahkan. Namun masalah pendidikan bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, tapi tanggung jawab kita bersama. Di tengah banyaknya masalah tersebut, lahir gerakan di bidang pendidikan yang bernama Indonesia Mengajar sebagai wujud tanggung jawab bersama. Indonesia Mengajar ini merupakan perwujudan mimpi Anies Baswedan, Rektor Universita Paramadina.

Anies Baswedan
Anies Baswedan

Gerakan ini mempunyai misi untuk mewujudkan cita-cita Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan bangsa, dan mempunyai visi mengisi kekosongan guru berkualitas di tempat yang membutuhkan.

Relawan Indonesia Mengajar ini adalah pemuda-pemuda Indonesia yang berkualitas dan mau berbagi untuk turut serta mencerdaskan bangsa. Meraka inilah yang disebut dengan Pengajar Muda, yang rela meninggalkan pekerjaan mereka untuk mengabdi selama satu tahun ke tempat-tempat yang mungkin jauh dari segala kemudahan seperti yang biasa mereka dapat di kota besar tempat meraka tinggal.

Para Pengajar Muda ini disebar di Sekolah Dasar di penjuru Indonesia untuk menularkan ilmu mereka dan menjadi inspirator bagi anak-anak di tempat meraka mengajar. Sehingga diharapkan anak-anak didik meraka termotivasi dan menjadi penerus bangsa yang berkualitas. Inilah salah satu wujud tanggung jawab kita untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia.

“Ini negeri besar dan akan lebih besar. Sekedar mengeluh dan mengecam kegelapan tidak akan mengubah apapun. Nyalakan lilin, lakukan sesuatu”

-Indonesia Mengajar-

 
Leave a comment

Posted by on April 23, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: